Minuman Herbal Produk Santri Tembus Pasar Ekspor

Kegiatan bisnis dan ekonomi pesantren sudah mulai menyebar dan membesar; termasuk, ekonomi kreatif di pesantren semakin hari semakin maju. Di Garut, ada pesantren yang santrinya bisa membuat minuman herbal dan goes international atau diekspor.

Adalah Pondok Pesantren Sadang Lebak. Ponpes yang bermarkas di Desa Situsari, Kecamatan Garut ini membuat produk minuman kemasan dengan brand Gentong Mas.

Gentong Mas merupakan minuman herbal berbentuk serbuk berbahan dasar gula aren yang dicampur dengan beragam rempah seperti jintan, cengkeh, cabe jawa dan kapulaga.

Ada dua varian yang mereka produksi, selain minuman rempah-rempah, mereka juga membuat minuman herbal dicampur creamer untuk kawula muda.

Minuman serbuk yang diproduksi santri ini memiliki banyak khasiat. Salah satunya diklaim ampuh mengobati maag dan diabetes hingga meningkatkan imunitas dan menjaga stamina.

Para santri di Ponpes ini silih-berganti meracik minuman bersama sejumlah warga setempat yang ikut berpartisipasi.

Fahmi Rafsanjani, pengurus Ponpes Sadang Lebak mengatakan, ide membuat produk ini tercetus pada tahun 2003 lalu.

Produk buatan santri Garut ini dipasarkan ke se-antrero nusantara. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Aceh, mereka bahkan sudah memiliki distributor. Mereka juga menjual produknya ke luar negeri.

Yang mencengangkan, mereka bisa meraup omzet hingga ratusan juta rupiah per bulan dari minuman herbal ini. Dan, keuntungan dari hasil penjualan produk ini sebagian besar kembali ke santri Ponpes Sadang Lebak.

 

Sumber: detik.com

dibaca 158 x, hari ini 1 x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Back to top
Bahasa